Kenapa Harus Beralih ke Akun Instagram Bisnis?

Kenapa Harus Beralih ke Akun Instagram Bisnis?

Instagram bisnis – Apabila Anda menggunakan Instagram untuk berbisnis maka usahakan tidak menggunakan akun personal yang serba minimalis. Sebab jika menggunakan akun personal dapat membuat Anda tidak bisa maksimal dalam urusan bisnis. Untuk itu, beralih ke profil bisnis akan jauh lebih baik untuk memaksimalkan bisnis yang sedang Anda tekuni.

Perlu diketahui, sejak tahun 2016 Instagram sudah memperkenalkan profil bisnis yang bisa Anda alihkan dari profil personal ke profil bisnis yang tentunya jauh lebih komplit. Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengapa harus beralih ke akun Instagram bisnis, maka Anda dapat menyimak ulasan berikut:

Jangkauan Pasar Lebih Luas

contoh caption jualan di instagram
Photo created by creativeart – www.freepik.com

Fitur profil bisnis ini sebenarnya sudah dioptimalkan dengan penggagasnya sehingga dapat memudahkan dan juga mendukung para pengguna Instagram untuk melakukan berbagai urusan bisnis secara online. Selain itu, fitur ini juga menawarkan jangkauan pasar yang lebih luas dibandingkan dengan akun yang sifatnya personal. Perlu diketahui, dengan jangkauan yang lebih luas, tentunya bisnis milik Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dikenal oleh banyak orang.

Nah, semakin banyaknya orang yang mengenal akun bisnis milik Anda, maka akun tersebut juga lebih berpotensi untuk diikuti oleh banyak orang. Dengan begitu, saat Anda mengirimkan konten dengan caption di Instagram, maka akan ada banyak pengguna Instagram yang akan melihat dan berinteraksi di kolom komentar.

Ada Fitur Kontak dan Petunjuk Arah

cara berjualan di instagram untuk pemula

Perlu diketahui, jika Anda ingin menjalankan bisnis secara online maka mencantumkan kota dan petunjuk arah kantor menjadi hal yang sangat penting dipertimbangkan guna mendekatkan diri dengan masyarakat. Apalagi dengan adanya kontak dapat membuat konsumen lebih mudah untuk menghubungi Anda saat menanyakan produk ataupun lainnya.

Tanpa adanya kontak perusahaan, tentunya calon konsumen akan merasa kesulitan untuk terhubung dengan perusahaan Anda. Selain itu, petunjuk arah juga sangat penting diperhatikan dalam membuat profil Instagram bisnis. Sebab dengan adanya petunjuk arah dapat membuat konsumen lebih mudah menemukan lokasi perusahaan Anda.

Ada Pilihan Informasi Kategori Bisnis

feed instagram online shop

Pada dasarnya kategori bisnis dari sebuah akun memang menjadi informasi penting yang akan dilihat oleh para pengguna Instagram. Selain itu, informasi kategori bisnis juga menjadi pedoman bagi calon konsumen untuk lebih mengenal identitas bisnis yang Anda jalankan. Untuk itulah, penting bagi Anda beralih ke profil bisnis agar akun Anda bisa disesuaikan dengan kategori bisnis yang dijalankan.

Perlu diketahui jika Anda beralih ke profil bisnis, maka saat pertama sekali Anda mendaftar ataupun menggunakan akunnya, akan muncul beberapa pilihan kategori bisnis. Sehingga Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan, baik itu desain & fashion, kuliner ataupun lainnya. dengan adanya fitur ini, maka calon konsumen bisa lebih mudah mengenali jenis bisnis yang tersedia di akun Instagram bisnis tersebut.

Ada Fitur Tambahan untuk Analisis Target Pasar

fitur instagram bisnis

Akun bisnis memiliki fitur insight, dimana tidak terdapat di akun pribadi. Dengan adanya insight Anda dapat menganalisis follower dan target pasar. Fitur insight membantu Anda dalam menyediakan data berupa statistik jumlah pengikut, jumlah jangkauan profil, jumlah tayangan, jumlah tayangan profil, jumlah klik situs, hingga total klik email dan telepon.

Pertama, Anda juga bisa menganalisis follower berdasarkan lokasi, umur, gender dan waktu paling aktif follower. Dengan begitu, Anda dapat mengatur dan menentukan strategi pemasaran yang lebih baik dan kredibel berdasarkan data.

memaksimalkan fitur instagram

Kedua, Anda bisa menganalisis dari hasil konten yang telah diupload. Data yang diperoleh adalah jumlah like, jumlah komentar, jumlah kiriman (share), jumlah yang menyimpan konten Anda di instagram, jumlah yang mengunjungi profil melalui konten hingga jumlah jangkauan setiap konten. Dengan data tersebut, Anda dapat mengenali konten seperti apa yang disukai oleh follower dan target market. Sehingga, manajemen konten dan pemasaran Anda dapat bekerja lebih mudah  dan optimal dengan bantuan fitur insight .

Baca Juga : 10 Hal Penting Agar Laris Jualan di Instagram

Demikianlah, semoga ulasan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda semua yang masih bertanya-tanya mengenai alasan beralih ke akun Instagram bisnis.