Strategi Memilih Selebgram Untuk Promosi

Strategi Memilih Selebgram Untuk Promosi

omset naik
Business photo created by yanalya – www.freepik.com

Fenomena selebgram memberikan sisi positif sendiri bagi para pengusaha yang mau mempromosikan produknya melalui sejumlah public figure yang dinilai mampu merepresentasikan produk mereka.

Sebelum melangkah lebih lanjut, sebenarnya apa sih selebgram itu? Selebgram itu berasal dari kata seleb (public figure) dan Instagram (media sosial). Tidak jarang para selebgram ini berlomba-lomba untuk meningkatkan tampilan Instagram mereka sendiri untuk keperluan followers. Followers yang banyak ini sungguh berguna ketika mereka di-endorse (diminta untuk mempromosikan produk) nantinya

Adanya Instagram membuat banyak artis layar kaca kini memilih untuk juga menyediakan tawaran untuk melakukan promosi melalui media sosial mereka. Ini sebetulnya lebih mudah bagi pengusaha yang ingin menggunakan jasa seleb. Kemudahan menghubungi, cepat dan tinggal terima beres adalah apa yang selalu menjadi pencarian kliennya.

Baca Juga : 10 Hal Penting Agar Laris Jualan di Instagram

Ada beberapa strategi sehingga Anda dapat berkolaborasi dengan selebgram yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan profit usaha Anda, serta dapat meminimalisir kemungkinan kerugian dan ketidak efektifan promosi.

Siapa yang Paling Sesuai?

Mencari yang paling sesuai
Created by freepik – www.freepik.com

Ini yang paling sering menjadi pertanyaan. Siapa kira-kira selebgram yang paling sesuai untuk produk Anda? Produk Anda seperti apa dulu? Misalnya produk Anda adalah halal beauty, maka gunakanlah selebgram yang dikenal religius, menggunakan hijab atau ciri apapun yang mengarah pada kecantikan yang halal.

Adapun misalnya Anda akan mempromosikan produk makanan, maka pilihlah selebgram yang dikenal sering mempomosikan makanan, travel food ataupun food blogger yang aktif. Mengapa demikian? Karena mereka sudah memiliki followers yang memiliki kegemaran ataupun berkecimpung dalam bidang yang sama. Seorang make up artist tentu akan lebih sering memfollow akun-akun produk kecantikan, dibanding akun travel dan tour. Ini tentu sudah ada bidangnya masing-masing.

Silahkan cari selebgram yang paling sesuai di sini

Anda juga bisa analisa follower akun instagram di sini

Tampilan yang baik

Persoalan tampilan yang menarik adalah wajib jika produk Anda ingin mengunggulkan penampilan dari si selebgram. Meskipun tidak semua selebgram di-endorse untuk tampilan mereka, ada yang lebih kepada kepribadian yang lucu dan unik.

Tampilan yang baik bukanlah hanya dengan wajah saja, namun juga dari postingan yang mereka buat, ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin memilih selebgram. Bagaimana konten Instagram mereka, kerapian, keserasian dan background apa yang biasa mereka pilih ketika mengunggah suatu caption di Instagram.

Cara Berkomunikasi

komunikasi yang sopan
Vintage photo created by luis_molinero – www.freepik.com

Berkomunikasi dengan melakukan DM (Direct Message) biasa dilakukan untuk meminta jasanya. Usahakan pilih yang memiliki respon baik dan cepat, bukan tipikal yang bertele-tele dan sampaikan apa yang Anda inginkan secara jelas.

Jangan sampai mendapatkan yang tidak profesional, dan memiliki banyak permintaan. Anda dapat menilai karakteristik si selebgram dari kesan pertama dalam berkomunikasi. Selain itu, harus dikenal dapat menjaga kepercayaan supaya produk Anda tidak dikenal produk random saja. Buat jadwal dan batas tenggat waktu yang jelas.

Tinggalkan jika pada kesan pertama saja Anda sudah mendapat kesan yang buruk. Andalah yang memilih sendiri siapa yang berhak mempromosikan produk Anda.

Baca Juga : Efektifkah Penggunaan Paid promote?

Ya, itulah strategi yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan selebgram yang sekiranya ideal untuk produk Anda. Tips lain, kontrak kerja sama akan lebih membantu kedua belah pihak dalam mencapai kesepakatan dan tidak melenceng dari tujuan yang ingin dicapai.