Bagaimana Cara Iklan di Facebook Untuk Jualan Online?

Bagaimana Cara Iklan di Facebook Untuk Jualan Online?

Cara iklan di Facebook memang disediakan untuk user ataupun perusahaan yang ingin menarik banyak perhatian. Hal seperti ini, tentu menarik bagi Anda yang sedang menjalani bisnis jualan online. Jualan di Facebook lebih populer saat ini karena banyak kisah sukses pedagang online kecil – kecilan bisa jadi besar.

Bagi Anda yang ingin sukses seperti itu, belajar soal cara beriklan di Facebook ads tentu wajib dilakukan. Untuk membantu Anda memulai, mari bahas langkah – langkah bagaimana cara pasang Facebook ads ini!

Contents

Masuk ke Facebook Ads Manager

Jika Anda sudah memiliki page untuk bisnis ataupun akun binsis, Anda bisa langsung masuk ke Facebook Ads Manager dan mulai membuat iklan dari situ. Pastikan saat masuk ke halaman ini, Anda melihat akun yang sedang aktif pada Facebook tersebut. Jika salah, Anda akan membuat iklan untuk akun pribadi Anda.

Pilih Tujuan Iklan Anda

cara membuat iklan di facebook secara
Photo created by freepik – www.freepik.com

Setelah masuk ke halaman awal ke ads manager-nya, Anda pertama kali akan diminta untuk memilih tujuan iklan. Pilihan yang tersedia ini nantinya akan membantu Facebook untuk menyebarkan iklan Anda sesuai kebutuhan.

Pilihan yang tersedia ada 15, tapi semua ini bisa dibagi menjadi 3 jenis. Jenis ini adalah Awareness, Consideration dan Convertion. Awareness merupakan tujuan iklan yang meningkatkan daya tarik brand usaha Anda. Consideration adalah iklan yang mengajak pihak lain untuk tujuan tertentu (Misal click video, menghadiri acara ataupun mengisi survey).

Baca Juga : 4 Cara Jualan di Facebook Agar Bisa Berkembang

Untuk tujuan jualan online, Anda akan lebih cocok tujuan convertion. Tujuan yang ini mendorong orang untuk membeli ataupun melakukan transaksi. Hal seperti iklan promo ataupun info produk baru adalah iklan dengan tujuan ini.

Masukan Kriteria Target Iklan

Cara iklan di Facebook yang berikutnya adalah menentukan kriteria. Tahapan ini ditawarkan setelah Anda memilih opsi tujuan. Target iklan ini sangat penting karena Facebook akan mengarahkan iklan Anda pada usernya yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Hal yang dimasukkan di sini adalah informasi target daerah, umur target, gender target, golongan dengan interest tertentu dan masih banyak lagi. Umumnya pengaturan ini bisa disesuaikan dengan produk yang sedang Anda jual. Contoh untuk jualan kuliner jajanan pasar modern, Anda bisa target area sekitar kota Anda dengan umur di area 13 ke atas yang memiliki interest kuliner.

Buat Susunan Budget Iklan

cara mendapatkan uang dari facebook ads
Photo created by freepik – www.freepik.com

Setelah semua selesai, Facebook akan memperhitungkan pengeluaran yang akan diminta. Dalam hal ini, Anda bisa memilih dua opsi, pertama adalah pembayaran per hari (Anda di charge biaya per harinya) atau bayar semua sampai saat iklan berhenti beredar.

Baca Juga : Keuntungan Akun Bisnis Instagram yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk pilihan ini, sangat direkomendasi tanggal post iklan dan kapan iklan berhenti di sebarkan. Melakukan setting ini, Anda akan melihat perhitungan pengeluaran Anda untuk iklan Facebook ini. Jadi, jika budget terlalu berat, Anda bisa potong pendek iklannya. Cara pembayaran biasanya akan diperlihatkan setelah proses ini selesai.

Sekarang Waktunya Membuat Iklan yang Akan Ditampilkan

Jika pembayaran sudah selesai, Anda akan dibawa ke page berikutnya untuk membuat iklan Anda. Mulai dari posting video, link, tampilan dan gambar bisa disesuaikan di sini.

Bagaimana cukup mudah bukan cara iklan di Facebook? Terima kasih sudah membaca dan semoga sukses dengan iklan Anda!